Sarana dan Prasarana di Pasar Bunder

Untuk mewujudkan pasar tradisional yang bersih, aman, nyaman dan berkeadilan (BANA) perlu di dukung sarana dan prasarana yang mendukung. Berikut ini adalah fasilitas pendukung yang ada di Pasar Bunder Sragen.

1. Kantor Pengelola Pasar Bunder

Kantor Pengelola Pasar Bunder berada di Jl. Diponegoro Sragen tepatnya di lantai atas kios Pasar Bunder deretan utara. Disinilah kegiatan pengelolaan Pasar Bunder yang meliputi administrasi, kebersihan dan keamanan pasar dipusatkan. Kepala pasar di Sragen dikenal dengan istilah Lurah Pasar. Kantor Pengelola Pasar Bunder juga telah dilengkapi komputer yang terhubung dengan internet untuk kegiatan surat menyurat dan pelaporan dengan kantor Dinas Perdagangan dan Perpajakan Daerah (DP2D).

2. Klinik Kesehatan

Klinik Kesehatan merupakan hasil kerjasama antara Dinas Perdagangan dan Perpajakan Daerah (DP2D) dengan Dinas Kesehatan Kab. Sragen melalui Puskesmas Kecamatan Sragen Kota. Jam kerja Klinik Kesehatan ini sama dengan jam kerja Puskesmas pada umumnya. Klinik Kesehatan ini melayani masyarakat umum baik itu pengelola pasar, pedagang, konsumen dan pekerja pasar dengan tarif relatif murah.

3. Unit Pengolahan Sampah Pasar Bunder (UPSPB)

Hasil kerjasama Pemkab Sragen dengan Yayasan Danamon Peduli untuk mewujudkan Pasar yang bersih, sehat dan nyaman dengan mengolah sampah organik yang berasal dari Pasar Bunder menjadi kompos / pupuk organik. Info lengkap tentang pengelolaan sampah Pasar Bunder bisa anda lihat disini : http://sampahpasarbunder.wordpress.com

4. Lembaga Keuangan Pasar (LKP)

Lembaga Keuangan Pasar (LKP) di Pasar Bunder di kelola oleh Dinas Perindustrian, Koperasi dan UMKM (Disperinkop UMKM). Tujuan pendirian Lembaga Keuangan Pasar adalah untuk melindungi pedagang pasar yang biasanya mempunyai keterbatasan modal agar tidak terjebak hutang ke rentenir.

5. Pos Keamanan Pasar

Pos Keamanan Pasar di Pasar Bunder ada di tiga tempat. 2 Pos Keamanan di dalam Pasar dan 1 Pos di luar Pasar. Satuan Pengamanan Pasar Bunder terdiri dari Satpam, Satpol PP dan Satuan Petugas Khusus. Dengan keamanan yang cukup memadai sampai saat ini belum ada kasus kriminal yang mencolok yang terjadi di Pasar Bunder.

6. Fasilitas Beribadah

Di Pasar Bunder terdapat 3 Mushola yang dapat dimanfaatkan oleh pedagang dan pengunjung pasar untuk beribadah.

7. Kamar Mandi / WC

Jumlah Kamar Mandi/WC di Pasar Bunder cukup memadai terdapat 8 lokal yang tersebar di berbagai penjuru Pasar Bunder dengan jumlah kamar mencapai 33 unit.

8. Ruang Promosi

Pengelola Pasar Bunder juga menyediakan Ruang Promosi bagi supplier yang ingin lebih memperkenalkan produknya ke masyarakat. Saat Ruang Promosi ini tidak dipergunakan untuk kegiatan promo maka tempat ini bisa digunakan oleh pengunjung pasar untuk beristirahat setelah capek berbelanja.

2 responses to “Sarana dan Prasarana di Pasar Bunder

  1. tulisannya saya copas untuk menjadi berita di blog sragenholic | one stop information about Sragen.
    terimakasih

    http://sragenholic.blogspot.com

Tinggalkan komentar