Menteri Kesehatan RI Kunjungi Pasar Bunder sebagai Percontohan Program Pasar Sehat

Menteri Kesehatan RI dr. Endang Rahayu Sedyaningsih, MPH, Dr.PH meninjau Pasar Bunder Sragen, Kamis (15/09). Pasar Bunder Sragen merupakan salah satu dari sepuluh Kabupaten/Kota yang menjadi percontohan program Pasar Sehat yang bertujuan untuk mewujudkan pasar yang bersih, aman, nyaman dan sehat. Program tersebut merupakan program Kementrian Kesehatan RI bekerjasama dengan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dengan Komisi Eropa yang diluncurkan sejak tahun 2007 lalu.
Hadir dalam acara tersebut Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman, SH, MH beserta jajaran Forum Pimpinan Daerah Kabupaten Sragen. Turut serta dalam rombongan menteri tersebut Dirjen Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Prof dr. Tjandra Yoga Aditama, MPH.

Dalam kesempatan tersebut menteri melakukan tinjauan ke pasar untuk melihat kondisi pasar. Selain itu menteri juga menyempatkan diri untuk berkunjung di Radioland Swara Swadaya. Dalam dialog yang disiarkan secara langsung oleh Radioland Swara Swadaya, Menteri Kesehatan mengungkapkan rasa bangganya dengan kondisi Pasar Bunder. Menteri melihat bahwa Pasar Bunder yang merupakan pasar tradisional namun kondisinya bersih dan nyaman.
Menkes juga merespon adanya fasilitas kesehatan berupa pos kesehatan yang menyediakan pengobatan bagi komunitas pasar. Dana untuk kelangsungan pos kesehatan tersebut berasal dari iuran rutin tiap bulan para pedagang dan pekerja pasar. Pada tempat tersebut juga disediakan pojok asi bagi ibu– bu yang ingin menyusui anaknya.
Standar kesehatan di Pasar Bunder dianggap juga telah dilakukan dengan baik. Antara lain dengan banyaknya tempat sampah di dalam pasar. Selain itu pasar Bunder juga telah mampu melakukan pengolahan limbah padat sendiri. Setiap hari pengolahan sampah terpadu yang merupakan hasil kerja sama Pemda Sragen dan Yayasan Danamon Peduli tersebut mampu mengolah 1-2 ton dari total 4 ton limbah untuk dijadikan pupuk kompos.
Untuk meningkatkan sarana dan prasarana pasar, dalam kesempatan tersebut kementrian Kesehatan memberikan bantuan peralatan berupa seperangkat alat komunikasi, alat kebersihan pasar serta bantuan stimulan tambahan sarana sanitasi. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Menteri Kesehatan kepada Bupati Sragen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s